1. PERSIAPAN
Persiapan Bidang kerja & Import Data
- · Klik menu Composition > New Composition dengan Presets = PAL D1/DV Square Pixel agar sesuai standar pertelevisian. Kali ini kita atur durasi kali ini 10 detik
- · Import file still image Rock.psd dan awan.jpg . klik menu File > Import > File … , di folder bab ini. Untuk file Rocks.psd ada kotak dualog, pilih Marge Layers.
- · Drag kedua file tersebut ke timeline , maka ada di Composition Rocks ada 2 layer
2. ANIMASI
Riak air dengan Wave World
- · Untukpersiapan , buat adegan / Composition baru untuk membuat animasi riak air . klik menu Composition > New Composition, beri nama rmisal “Riak”
- · Berikutnya buat layer kosong . klik menu Layer > New > Solid . maka di timeline ada layer Black Solid 1.
- · Kini saatnya memberi efek riak air. Di layer Black Solid 1 klik menu Effect > Simulation > Wave World . coba Play/Pause. Maka akan terlihat riak air 3 dimensi .
- · Yang kita butuhkan adalah tampilan gelap terang 2 dimensi saja. Untuk itu, ganti View = Height Map. Lalu atur Contrast = 0,3 agar warna hitam putih terlihat jelas.play/pause .
- · Agar menjadi animasi , silahkan buat 2 keyframe Producer 1 > Position dari kiri atas ke kanan bawah layer.
- · Play / Pause
Riak air dengan caustic
- · Oke kita sudah punya animasi riak air hitam putih dengan wave world. Kita kembali ke Composition Comp 1. Drag Composition Riak ke Composition Rock di layer paling bawah agar tidak terlihat / terhalang layer di atasnya.
- · Lalu buat layer baru . tapi jika anda malas membuatnya , Drag saja Layer Black Solid 1 yang sudah ada ke Composition Rocks.
- · Ini bagian paling penting . aktifkan layer Black Solid 1 , klik menu Effect > Simulation > Cuastic . delayer Priview tidak tampil apa-apa . agar menjadi riak air di kolam , atur parameternya sebagai berikut . lebih asik jika anda mencoba-coba sendiri nilainya OK.
Parameter
yang penting di efek caustic adalah :
-
Bottom = Rocks.psd, adalah bagian dasar
kolom.
-
Water = Composition Riak, adalah
pembentuk distori gambar
-
Sky = Awan.jpg, adalah pantulan langit
pada pemukiman air
- · Agar air terlihat lebih jernih dan kinclong , atur posisi / Drag layer Riak Composition kelayer paling atas . atur Blending Mode = Classic Color Dodge dengan Opacity = 75%. Kini terlihat jernih.
- · Play / pause
Particle Star Glare
- · Drag Layer Black Solid 1 dari window project ke composition Rocks.
- · Aktifkan dahulu icon Solo agar di layer tersebut tampil tunggal sehingga tidak memberatkan computer anda akibat efek riak air.
- · Klik menu Effect > Simulation >CC Particle System II.
- · Agar bintang – bintang tidak berubah tempat dan hanya kelap kelip saja atur Velocity = 0dan Gravity = 0.
- · Masih di layer Black Solid 1. Atur Blending Mode = Classic Color Bridge agar bintang terlihat lebih kinclong.
- · Lebih baik lagi klik menu Effect > Blur & Sharpen > Compound Blur agar blur menyesuaikan dengan setiap terang Layer Rock .psd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar