Apa itu IMK Menurut Saya ?
IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) menurut saya adalah
sebuah cara bagaimana kita sebagai manusia (user) dapat berinterkasi dengan
komputer dimana komputer dapat mengerti apa yang kita inginkan dan kita
perintahkan untuk mmbantu kita, dalam hal mengerjakan suatu tugas yang
sekiranya kita tidak dapat kerjakan sendiri, apalagi dengan adanya komputer
seperti dizamaan ini dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat kita dapat
mencari dan mengkases segala informasi dengan mudah dan mungkin akurat. IMK
atau interkasi manusia dan komputer bisa dikatakan juga sebagai ilmu yang
berkaitan juga dengan disain implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi yang interaktif untuk digunakan
oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya, ada yang namanya interaksi
satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin. Lalu ada ya sub
bidang studi interaksi manusia dengan komputer ada tiga sub bidang studi yang
berhubungan dengan IMK :
1.
Faktor Ergonomi dimana interaksi
manusia dengan komputer berkaitan dengan bentuk fisik dan mesin .
2.
Faktor manusia berkaitan dengan
masalah psikologi yang mungkin berpengaruh dalam segi mentalnya.
3.
Interaksi manusia dan komputer.
Media
antarmuka manusia dan komputer
1.
Media Tekstual : bentuk sederhana
dalam komunikasi manusia dengan komputer yang hanya berisikan sebuah teks atau
tulisan dan kurang menarik.
2.
Media GUI : bentuk komunikasi
antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis. Contoh: VB( Visual
Basic),dll
Tujuan
dari IMK
1.
Memnghasilkan dan memiliki sistem
yang bermanfaat dan mudah dioperasikan oleh user.
2.
Fungsionalitas, fungsi – fungsi
yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perancangan.
3.
Keamanaan, mengetahui apakah sistem
yang kita buat memiliki tingkat keamanaan data atau tidak.
4.
Efektifitas dan efesiensi ,
mengetahui apakah sistem yang kita buat itu efektif atau tidak dan apakah
diberfungsi dengan baik.
Untuk
membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, yaitu :
1.
Antropologi : dalam hal ini ilmu
pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang bagaimana cara
kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi
sesuai dengan bidangnya.
2.
Perancangan grafis dan tipografi :
dalam hal ini kita membuat gambar dan dapat digunakan sebagai sarana dialog yang
cukup efektif antara manusia & komputer.
3.
Sosiologi : dalam hal ini studi
tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial.
Contoh
Penerapan IMK
1.
Penggunaan Komputer : dalam hal ini
tanpa kita (manusia/user) telah
berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), lalu perangkat
peripheral lainnya seperti keyboard dimana cara interaksi kita itu dengan cara
menekan tombol yang berada pada keyboard, lalu ada mouse dengan cara kita beri
sentuhan sedikit pada mouse tersebut, dll.
2.
Penggunaan Automatic Teller Machine
(ATM) : dalam hal ini Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem
antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar
ATM. Dengan melakukan transfer, cek saldo, dll.
Sejarah
Singkat IMK ( Interaksi Manusia dan Komputer)
-
Komputer pertama kali keluar
sekitar pada tahun 1950-an, dimana pada saat itu komputer yang diciptakan sangat sulit dipakai dan tidak praktis.
Dimana penyebab utamanya adalah dari bentuknya yang besar dan harga komputer
itu sendiri yang mahal,sehinga menyebabkan komputer hanya dipakai di kalangan
tertentu saja, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
-
Desktop Komputer atau komputer
pribadi/ (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini perkembangan
penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru
kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya).
Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem
rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus
mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang
harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul
isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai
Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
-
Para peneliti akademis mengatakan
suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan
kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi
kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada
pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI)
atau Interaksi Manusia-Komputer.
Evolusi
Antarmuka bisa dijabarkan sebagai berikut :
-
Tahun 50an – Antarmuka pada level
hardware untuk teknik (ex. switch panel)
-
Tahun 60-70an – Antarmuka pada
level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)
-
Tahun 70-90an – Antarmuka pada
level instruksi
-
Tahun 80an – Antarmuka pada level
dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia)
-
Tahun 90an – Antarmuka pada level
lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware)
-
Tahun 2000-an – Antarmuka
berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive screen
Kelebihan
IMK :
-
Dengan IMK manusia (user) dapat
terbantu dalam hal pekerjaanya yang mungkin akan sulit dikerjakan oleh keahlian
dari manusia (user) tersebut.
-
Mudah dalam mencari dan
menghasilakn segala macam informasi.
Kekurangan
IMK :
-
dengan IMK manusia mungkin bisa
membuat manusia sedikit malas untuk setidaknya berfikir dalam hal yang mungkin
manusia itu sendiri bias untuk memikirkanny.
-
Dengan adanya IMK apalagi dengan
perkembangan teknologinya yang semakin pesat banyak produksi alat-alat
elektronik yang sekarang semakin canggih manusia bias jadi diperbudak oleh alat
tersebut.
Perbedaan
antara Manusia dan Komputer :
-
Manusia memliki sebuah penalaran
yang mungkin tidak dimiliki sebuah komputer.
-
Kapasitas Belajar manusia sangat
tinggi, semntara komputer memiliki keterbatasan dalam belajar.
-
Memiliki banyak cara untuk bisa
mengakses ingatan jangka panjang, semantara komputer Terbatasnya akses memory
jangka panjang
-
Lalu komputer cepat dalam memproses
komputasi secara kompleks, sementara manusia
lama dalam memproses sebuah komputasi kompleks
-
Dalam komputer mungkin ada akses
memori yang dapat diandalkan, sementara dalam manusia mungkin tidak dapat
diandalkan.
-
Komputer dapat menampung jumlah
data yang sangat besar sementara manusia mungkin tidak dapat melakukanya karena
mungkin daya inget manusia itu ada batasnya.
Ksimpulan
Dalam hal ini saya
dapat menyimpulkan bahwa dengan hubungan antara manusia dengan komputer bisa
dapat berdampak positif dan mungkin ada negativenya. Dampak positifnya itu,
salah satunya manusia dapat terbantu dalam menyelesaikan tugasnya dengan adanya
bantuan dari komputer. Dan dampak negativenya manusia menjadi ketergantungan
dengan adanya komputer, namun tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan
sebuah teknologi yang ada pada saat ini
semua itu tergantung kembali terhadap manusianya itu sendiri.
Saran
Untuk kemajuan
teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu
mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang
kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu
karya yang berguna bagi manusia.
Penutup
Mungkin sekian pendeskripsian
singkat saya tentang IMK (Interaksi Manusia dan komputer). jika ada kata-kata
yang kurang tepat dari artikel ini dan kurang berkenan mohon dimaafkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar