Sabtu, 07 Oktober 2017

Tugas Review Jurnal

Judul                             : PERENCANAAN MANAJEMEN PROYEK JARINGAN KOMPUTER       PADA PT LOVALATTES INDONESIA
Jurnal                            : TEKNIK INFORMATIKA.
Volume                         : Vol. 9 No.1
Tahun                            : 2016
Penulis                          : Nurhayati , Bidara Kadija , Teguh Gumilang , Husain Faiz Karimi
Reviewer                      : Umar Yuto
                                   
Pendahuluan            :  Pada bagian pendahuluan ini  PT Lovalattes Indonesia ingin memberikan kemudahan bagi para konsumennya khususnya bagi para konsumen yang ingin berbelanja berbagai macam produk yang ada pada PT Lovalattes Indonesia ini, dimana seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi, serta kebutuhan manusia terhadap suatu permasalahan pekerjaan yang tinggi menuntut peran sebuah teknologi untuk menjawab semua permasalahan tersebut. Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer,  salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisinis dengan rekan bisinis atau konsumen secara lebih efesien. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efesinsi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing. Oleh karena itu penulis mengajukan suatu usulan dalam perancangan jaringan komputer di PT Lovalattes Indonesia. Dalam perancangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen Lovalattes Departement Store. Lovallates akan menambah merambah dunia E-Commarce, dimana para konsumen bisa membeli produk – produk yang Lovalattes yang disediakan secara online.

Tujuan Proyek          : Tujuan dari proyek ini adalah membangun sebuah jaringan computer yang dapat memberikan kemudahan teknologi dan informasi yang berkaitan dengan kegiatan berbelanja bagi para konsumen Lovalates Departemen Store. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para konsumen dan keuntungan bagi perusahan.  
Hasil dan Pembahasan : Adapun Hasil dan Pembahasan dari jurnal ini adalah sebagai berikut :
A.  Profil Perusahaan
PT Lovalattes Indoensia adalah salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang menyediakan perlengkapan pakaian, aksesoris, produk-produk kecantikan dan rumah tangga dengan harga terjangkau. Perusahaan ini membuka derai offlinenya yang bernama Lovalattes Departement Store. Pada gerai offline ini Lovalattes menyediakan barang ternama baik itu pemasok-pemasok barang dari dalam ataupun luar negeri. Alamat situs e-commerce yang akan digunakan oleh Lovalattes Dept Store adalah Lovalattes.com. seperti digerai offline, barang-barang  fashion ternama dari dalam ataupnu luar negeri. Proses utamanya adalah transaksi pembelian oleh konsumen.langkah awal pelanggan mengakses situs webnya lalu mendaftar pada menu yang disediakan , setelah itu pelanggan mengisi dan melengkapi data diri sesuai form yang disediakan. Setelah selesai mendaftar pelnggan diharuskan login untuk memesan produk-produk. Setelah selesai login dan memesan produk, pelanggan dapat melihat pesanan, mengubah pesanan, menghapus pesanan atau melanjutkan ke proses selanjutnya. Lalu ada beberapa metode pembayaran yang ditawarkan diantaranya yaitu bayar ditempat, kartu kredit ataupun transfer bank. 
                                    B. Ruang Lingkup Proyek
* perangkat yang digunakan beruba software, hardware dan perangkat pendukung lainnya.
* modul yang dikembangkan meliputi : konektifitas jaringan, arsitektur jaringan dan laporan-laporan yang diperlukan saja.
* model jaringan yang digunakan menggunakan jaringan LAN, sehingga koneksi dapat digunakan di lingkungan perusahaan Lovalattes.
                                    C. Faktor Penentu Keberhasilan Proyek
1. Teknologi = bagian dari proyek yang berdampak besar bagi kesuksesan proyek. Teknologi yang digunakan antara lain:
            A). Mengukur Kemajuan Proyek.
B). Mempunyai ide-ide umum yang dapat terwujud dari yang diharpkan.
C). Tidak menjadi halangan ketika perkembangannya lambat.
2. Organisasi = faktor-faktor organisasional yang menentukan kelangsungan hidup proyek. Yang dimaksud diantaranya adalah:
            a). faktor internal competition
b). faktor management support and the company market strategy.
3. Kekuatan-kekuatan pasar = persaingan didalam pasar sangat berpengaruh bagi kelangsungan proyek baru ataupun yang akan dating.
4. Perencanaan = faktor penting bagi kegagalan atau kesuksesan proyek:
            a). mengurangi resiko dan meningkatkan kualitas.
b). dasar perencanaan dan pengorganisasian yang lebih efektif.
                                                5. Tim Proyek = tujuan dari tim proyek ini adalah :
                                                            a). Memberikan komitmen
                                                            b). Antusias
                                                            c). Melakukan Kordinasi.
                                                            d). menyelesaikan konflik yang timbul.
                                                6. Faktor Ekonomi, dan
                                                7. Lain-Lain
Kesimpulan              :  kesimpulan disini berdasarkan pembahasan yang sudah dijelaskan sebelumnya dan kesimpulannya sebagai berikut :
Arsitektur E-Commerce
                                      Kerangka kerja perencanaan konseptual dimana aplikasi bisnis dan teknologi informasi didesain sebagai arsitektur terpadu dari sistem perusahaan yang mendukung inisiatif bisnis strategis dan proses bisnis lintas fungsi. Arsitektur dasar dari applikasi web Lovalattes.com adalah arsitektur client server. Didalam membangun infrasturktur e-commerce digunakan kerangka arsitektur yang terdiri dari berbagai building block.
                                    Arsitektur ini dibangun oleh berbagai building blok yang didalamnya dapat dikonfigurasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Komponen-komponen tersebut antara lain : Order management server, product configuration server, dynamic content server, commerce transaction server, dan secured acces server. Masingmasing komponen ini secara fleksibel dapat dengan mudah dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan. Berikut merupakan penjelasan secara singkat mengenai fungsi beberapa komponen yang berada didalam arsitektur system e-commerce.
1. Order Management Server : system ini memiliki fungsi utama untuk menangani masalah pemesanan produk atau jasa sampai dengan proses pengirimannya kepada konsumen.
2. Product Configutaion Server : pada prinsipnya system ini dibangun untuk mempermudah konsumen dalam menentukan konfigurasi produk yang diingikan, tentu saja dengan catatan bahwa produk yang ditawarkan dapat di tentukan spesifikasinya sesuai dengan keinginan sepsifik konsumen. cara kerja system ini mempergunakan konsep ruled based engine
3.   Dynamic Content Server  : komponen ini merupakan jantung dari informasi perusahaan dimana secara dinamis dan kontinyu melakukan pengolahan dan update terhadap informasi halaman HTML yang dapat dengan mudah diakses oleh konsumen.
4.  Commerce Transaction Server : transaksi E-Commerce biasanya melibatkan berbagai pihak, mulai dari proses pemesanan sampai dengan pembayaran dan distribusi produk yang dibeli. system ini bertugas untuk mengelola keperluan  tersebut, agar proses transaksi yang melibatkan sejumlah server dapat berjalan dengan efektif.
5.    Securred Access Server : Sesuai namanya system bertujuan untuk menajaga agar transaksi yang berjalan dapat terjamin keamanannya seperti keamanan proses pembayaran, keamanan proses pengiriman dokumen, keamanan proses verifikasi, keamanan proses autentifikasi dan lainnya.

Kekurangan                 :
·         Pada kekuranganya mungkin saya lebih hanya menyarankan kalau metode pembayaranya mungkin bisa lebih ditambah dengan layanan metode pembayaran melalui gerai Indomart , alfamart , dll .
·         Tidak adanya bagian saran. Jadi, ketika suatu saat ada sesorang yang ingin melakukan penelitian tentang jurnal ini maka  orang tersebut tidak dapat mengevaluasi sebelumnya.
·         Mungkin pada bagian isi kesimpulan masih terlalu panjang.
Kelebihan            :  kelebihan pada jurnal ini adalah dimana dengan adanya e-commerce PT Lovalattes Indonesia  ingin memberikan kemudahan kepada para konsumennya yang ingin berbelanja produk-produk yang disediakan oleh PT Lovalattes Indonesia baik yang dijual secara online mau[un offline dengan kualitas barang yang tinggi dan harganya yang terjangkau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cv